Menilik Keuntungan dan Kerugian Ketika Kredit Mobil Bekas

Menilik Keuntungan dan Kerugian Ketika Kredit Mobil Bekas

Tidak ada yang salah dengan membeli barang-barang secara kredit, terutama untuk barang dengan harga tinggi seperti mobil, motor dan sejenisnya. Kredit juga menjadi salah satu sarana mudah dalam memenuhi kebutuhan di tengah perekonomian yang sulit. Biasanya, di bulan-bulan tertentu seperti bulan Ramadhan atau akhir tahun, pembelian mobil bekas menjadi cukup tinggi karena sebagian masyarakat membutuhkan moda transportasi untuk pulang kampung, mendirikan usaha tertentu, dan lain sebagainya. Namun, apakah kredit mobil bekas cukup menguntungkan bagi Anda?

Sama halnya dengan membeli mobil baru, entah itu secara tunai maupun kredit, selalu ada untung dan ruginya. Begitu pula ketika Anda berencana melakukan kredit mobil bekas. Sebaiknya Anda tahu, seberapa besar keuntungan dan kerugian yang akan Anda dapatkan.

Apabila ditilik secara umum, keuntungan pertama ketika membeli mobil secara kredit adalah karena Anda tidak perlu menyiapkan uang terlalu banyak untuk mendapatkan mobil tersebut. Cukup siapkan uang muka, mobil sudah ada di tangan dan siap digunakan. Apalagi, jika ternyata mobil tersebut Anda gunakan sebagai media berbisnis, tentu akan menghasilkan pendapatan yang lebih. Sebab, seperti yang kita tahu, tidak semua orang memiliki uang dalam jumlah besar saat itu juga untuk membeli mobil. Apalagi jika selama ini ternyata pendapatan pas-pasan, sedangkan Anda butuh mobil untuk menunjang kehidupan, maka membayar secara mencicil tiap bulan bisa menjadi solusi paling tepat dan mudah.

Tidak hanya itu, sekarang untuk membeli mobil bekas maupun baru secara kredit banyak yang menyediakan persyaratan mudah. Biasanya yang perlu disiapkan hanya Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Slip Gaji, dan catatan rekening di tabungan Anda setidaknya 3 bulan terakhir. Apabila syarat-syarat tersebut terpenuhi, Anda sudah bisa membawa mobil ke rumah meskipun belum lunas.

Apalagi, jika Anda membeli mobil bekas yang masih keluaran baru, biasanya masih ada asuransinya. Keberadaan asuransi ini sangat penting, karena jika ada kerusakan dan lain-lain Anda tidak perlu khawatir dengan perawatan dan lain-lainnya. Hanya saja, karena mobil yang Anda beli adalah bekas, tidak semua mobil tersebut diasuransikan oleh pihak dealer maupun pemilik sebelumnya, sehingga tugas Anda untuk lebih teliti dalam menentukan pilihan.

Namun, dari sekian banyak kelebihan dalam kredit mobil bekas tersebut, Anda juga perlu awas dengan kekurangannya. Membeli secara kredit memang tampak menggiurkan, tetapi harga yang harus Anda bayarkan akan jadi lebih mahal karena adanya bunga pada cicilan. Jika tidak ingin terlalu banyak merugi, cobalah cari tempat penjualan mobil bekas yang tidak memberikan bunga tinggi.

Meskipun begitu, bunga pada cicilan memang sudah menjadi hal yang wajar, sehingga perlu menjadi pertimbangan bagi Anda jika ingin membeli mobil kredit. Selain itu, karena adanya cicilan tiap bulan, pengeluaran bulanan Anda juga jadi meningkat sekian persen. Anda harus selalu menyiapkan dana untuk membayar cicilan, karena jika menunggak beberapa bulan saja, biaya yang harus dibayarkan akan terasa lebih besar, dan pastinya memberatkan. Apalagi, jika sampai bulan tertentu Anda tidak sanggup membayar, maka konsekuensinya adalah penyitaan mobil dari pihak yang bersangkutan. Meskipun penyitaan tersebut sifatnya sementara, tetapi hal itu akan merugikan Anda.

Untuk menghindari kredit mobil bekas, sebaiknya memang mulai menabung dari sekarang supaya Anda bisa membeli mobil secara tunai. Namun, jika memang Anda butuh dan merasa mampu mencicil tiap bulan, tidak ada salahnya membeli mobil kredit. Intinya, jangan sampai pembelian tersebut membebani Anda terlalu berat. Sesuaikan kemampuan dalam mencicil supaya tidak ada hutang yang bertumpuk di kemudian hari.

Author: admin