Jenis dan Jadwal Imunisasi yang Ideal Diberikan Pada Anak

Jenis dan Jadwal Imunisasi yang Ideal Diberikan Pada Anak

Imuninasi merupakan sebuah upaya yang biasa dilakukan untuk memberikan bahan antigen pada tubuh agar kekebalan tubuh meningkat dan terhindar dari berbagai penyakit. Tidak hanya orang dewasa, pemberian imunisasi juga dilakukan pada anak anak dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan penyakit yang rutin dilakukan. Beberapa vaksin harus diberikan secara rutin agar tubuh terus mendapatkan perlindungan dari penyakit yang mungkin menyerang. Untuk itu, Kita wajib mencermati jadwal imunisasi agar tidak terlewat dan anak dapat tetap terlindungi dari ancaman penyakit yang sering menyerang sistem imun tersebut.

Lalu, apa saja imunisasi yang wajib diberikan pada anak? Dan kapan usia yang tepat untuk memberikannya? Berikut ini adalah daftarnya:

  1. Untuk usia kurang dari 1 tahun, vaksin yang wajib diberikan adalah HiB, Polio, DPT, campak, hepatitis B, dan BCG.
  2. Untuk anak dengan usia 1-4 tahun terdapat vaksin DPT, MMR, HiB, polio, tifoid, hepatitis A, varisela, influenza, dan pneumokokus.
  3. Untuk anak dengan usia antara 5-12 tahun, wajib diberikan vaksin polio, campak, DPT, MMR, tifoid, varisela, influenza, pneumokokus, dan juga HPV.
  4. Untuk Usia 12-18 tahun, vaksin yang diberikan ada HPV, pneumokokus, influenza, varisela, hepatitis A, hepatitis B, tifoid, Td, dan MMR

Selain hal hal di atas, ada juga vaksin yang disarankan untuk diberikan pada anak di daerah endemis, seperti imunisasi dengue yang diberikan untuk mencegah penyakit demam berdarah. Vaksin ini boleh diberikan ketika anak sudah menginjak usia 9 tahun dan diberikan sebanyak 3 kali dengan kurun waktu 6 bulan per vaksinnya.

Ada juga imuninasi japanese encephalitis yang biasanya bisa diberikan pada anak ketika berusia 1 tahun dan diberikan kembali ketika anak menginjak usia 3 tahun.

Vaksin vaksin tersebut haruslah diberikan sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh dokter agar perlindungan yang diberikan dapat optimal dan continyu dalam memberikan perlindungan,

Selanjutnya, Kita akan membahas mengenai jenis imunisasi dengan fungsinya.

  1. Vaksin MMR

Vaksin ini bertujuan untuk mencegah beberapa penyakit seperti measies (campak), rubela (campak jerman), dan mumps (gondongan).

  1. Vaksin Tifoid

Vaksin ini digunakan untuk membunuh bakteri penyebab tifus, yakni bakteri salmonella typhii.

  1. Vaksin Pneumokokus

Merupakan imunisasi untuk melindungi anak dari serangan bakteri pneumokokus yang dapat menyebabkan penyakit pneumonia, infeksi telinga, dan meningitis.

  1. Varisela

Secara umum, vaksin ini diberikan untuk mencegah cacar air. Namun, perlu dipahami bahwa vaksin ini tidak menjamin 100% anak akan kebal dengan cacar air.

Meskipun demikian, vaksin ini harus tetap diberikan karena dapat mengurangi risiko komplikasi serta meringankan keparahan gejala cacar yang dialami oleh anak.

  1. Vaksin Influenza

Sama seperti namanya, vaksin ini digunakan untuk melindungi anak dari serangan flu.

  1. Hepatitis A

Vaksin yang satu ini diberikan untuk anak agar terhindar dari infeksi virus yang biasa menyebar melalui makanan ataupun fases penderitanya.

Masih banyak vaksin dengan fungsi yang tidak kalah hebat lainnya yang juga melindungi anak dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Oleh karena itu, berikan anak vaksin melalui imunisasi secara rutin untuk menjaga anak tetap sehat dan tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Selain memberikan vaksin, Kamu juga harus menjaga lingkungan anak tetap bersih dan memberikan makanan dengan gizi sempurna untuk menunjang kerja vaksin yang diberikan.

Author: admin