Jangan Sembarang Makan, Ini 6 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Jangan Sembarang Makan, Ini 6 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Selain disebabkan karena tertular oleh penderitanya, penyakit radang tenggorokan umumnya juga dapat dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. Saat daya tahan tubuh lemah, lalu ditambah dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu, maka radang tenggorokan sangat mungkin menyerang Anda. Agar tetap sehat, hindari pengonsumsian 6 jenis makanan penyebab radang tenggorokan ini.

  1. Makanan Berminyak

Anda pun pasti setuju dengan pernyataan bahwa makanan berminyak merupakan salah satu penyebab utama penyakit radang tenggorokan. Bahkan, saat kondisi tubuh Anda sedang sehat sekalipun, mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, dapat memicu rasa sakit dan peradangan di tenggorokan. Baiknya, hindari atau batasi sebisa mungkin pengonsumsian makanan berminyak.

  1. Kafein

Bagi Anda penggemar makanan atau minuman mengandung kafein, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya sehari-hari. Minuman yang mengandung kafein, dapat menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan Anda. Rasa gatal yang muncul ini, lama kelamaan akan berubah menjadi radang tenggorokan. Jika memungkinkan, kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan mengonsumsi kafein.

  1. Makanan Pedas

Saat ini, makanan pedas memang tengah menjadi primadona. Banyak produk atau pun gerai makanan yang muncul, dengan mengandalkan menu yang bercita rasa pedas. Namun, tahukah Anda kalau kebiasaan mengonsumsi makanan dengan cita rasa pedas ini dapat memicu radang tenggorokan? Pengonsumsiannya dapat memicu infeksi, terutama saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

  1. Makanan Bercita Rasa Asam

Makanan penyebab radang tenggorokan yang juga harus Anda hindari adalah makanan dengan cita rasa asam. Kandungan asam pada makanan tersebut, akan memicu timbulnya iritasi pada tenggorokan Anda. Iritasi itulah yang nantinya berkembang menjadi radang tenggorokan. Jika tak bisa dihindari, batasi sedikit mungkin penggunaannya, seperti pemakaian cuka atau asam jawa.

  1. Makanan Kering dan Keras

Makanan seperti kue kering memang lezat dan nikmat, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Dikarenakan teksturnya yang keras, makanan kering ini dapat menyebabkan luka pada tenggorokan Anda, lalu menyebabkan radang. Jika ingin terhindar dari risiko ini, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih setelah mengonsumsi makanan kering.

  1. Susu dan Produk Olahannya

Dibalik kandungan nutrisinya yang melimpah, susu dapat memicu terjadinya radang tenggorokan. Pengonsumsian susu menyebabkan produksi lendir dalam tubuh mengalami peningkatan. Lendir yang berlebihan pun membuat tenggorokan jadi gatal. Diawali dari rasa gatal, lalu peradangan pun terjadi di tenggorokan. Sebaiknya hindari dulu konsumsi susu, saat tenggorokan Anda sedang tidak sehat.

Selain karena faktor lingkungan serta kebiasaan, makanan yang kerap dikonsumsi juga membuat Anda rentan menderita radang tenggorokan. Baiknya, atur pola makan Anda dengan baik, agar radang tenggorokan bisa Anda hindari. Saat kondisi tubuh sedang tidak terlalu fit, sebaiknya Anda hindari pengonsumsian makanan penyebab radang tenggorokan, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.

Author: admin