Contoh Desain Brosur Yang Menarik Untuk Promosi

Contoh Desain Brosur Yang Menarik Untuk Promosi

Walaupun sudah banyak media online, brosur masih menjadi media promosi paling efektif. Banyak perusahaan, kampus, sekolah dan lainnya yang menggunakan brosur sebagai media promosi mereka. Apalagi desain brosur semakin menarik dan bisa menjelaskan semua infromasi yang dibutuhkan.

Jenis Brosur Berdasarkan Lipatan

Brosur dibagi berdasarkan bentuk lipatan dan layout. Setiap jenisnya memiliki konten dan bentuk penyampaian yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis brosur yang banyak digunakan.

  • Brosur lipat dua

Brosur lipat dua merupakan jenis brosur paling mudah. Brosur ini juga dikenal dengan sebutan brosur lipat V, brosur bifold, atau brosur lipat setengah. Tipe ini dibuat dengan menggunakan satu lembar kertas kemudian dilipat menjadi dua. Ukurannya sekitar 8,5 x 11 inchi atau setara kertas A4.

  • Brosur lipat tiga

Jika membutuhkan halaman lebih banyak, anda bisa menggunakan brosur lipat tiga. Lipatan paling kanan diletakan di bagian dalam. Ukuran kertasnya sama dengan brosur lipat dua. Banyak yang menggunakannya untuk keseimbangan desain dan konten.

  • Brosur lipatan Z

Prinsipnya hampir sama dengan brosur lipat tiga. Namun cara melipatnya yang berbeda. Untuk jenis ini memiliki pola lipat berbentuk huruf Z. brosur ini bagus untuk kebutuhan presentasi produk. Ukuran kertasnya pun juga sama dengan dimensi 8,5 x 11 inci.

  • Brosur lipatan gate fold

Brosur ini memiliki lipatan seperti pintu gerbang. Lipatannya dibagi menjadi tiga, bagian tengah paling lembar dibandingkan bagian kiri dan kanan. Bagian kiri kanan akan dilipat sebagai bukaan pintunya. Jenis ini juga cocok untuk presentasi produk.

  • Brosur lipatan prancis

Brosur ini memiliki lipatan yang unik, dibagi menjadi empat bagian. Satu kertas dilipat setengah, kemudian dilipat lagi. Ukuran kertansya lebih besar dibandingkan jenis lainnya. Tipe ini cocok digunakan untuk promosi produk yang lebih detail atau membuat peta.

  • Brosur Lipatan W

Brosur ini dikenal dengan sebutan akordion. Memiliki lipatan seperti huruf W. ukuran kertas yang digunakan 8,5 x 14 inchi. Ukuran kertasnya cukup besar, sehingga menampung semua informasi yang anda butuhkan. Banyak digunakan untuk membuat peta dan tutorial suatu produk.

Jenis Brosur Berdasarkan Fungsinya

Buat orang yang bergerak dibidang penjualan, pasti tidak asing dengan yang namanya brosur. Brosur digunakan untuk promosikan suatu hal. Entah itu produk atau jasa.

  • Brosur Perusahaan

Banyak perusahaan yang membuat brosur untuk mengenalkan produknya. Mereka menyebarkan brosur saat acara perusahaan atau pertemuan dengan klien. Brosur berisi semua informasi perusahaan. Ada yang berbentuk lipatan dua, lipatan gerbang dan lainnya. Desainnya pun terlihat professional dan simple.

  • Brosur penjualan

Brosur penjualan dikenal juga dengan brosur iklan atau brosur promosi. Fungsinya untuk menjelaskan atau mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Brosur ini sangat penting untuk menghadapi klien. Anda bisa menggunakan tipe brosur lipat tiga atau brosur lipatan Z.

  • Brosur spesifikasi

Brosur yang digunakan untuk mendukung suatu penjualan. Biasanya untuk penjualan peumahan, apartement dan lainnya. Didalamnya berisi tentang spesifikasi produk yang dijual. Sehingga consumen lebih mudah memahaminya. Brosur spesifikasi lebih baik menggunakan jenis brosur lipat dua.

  • Brosur event

Brosur event digunakan untuk mengenalkan atau mempromosikan suatu acara ke orang-orang/brosur event biasanya terbuat dari selebaran kertas. Didalamnya berisi tentang informasi tentang event tersebut. Seperti waktu, tempat, pengisi, inti acara dan lainnya. Brosur lipat Z menjadi pilihan tepat untuk brosur event.

  • Brosur menu

Brosur bisa digunakan untuk menu di restoran atau warung anda. Proses pembuatannya lebih mudah dan murah. Anda bisa menyelipkannya di bungkus makanan, supaya semakin banyak orang yang mengetahuinya. Bisa juga dibawa saat makanan dibungkus bawa pulang. Anda bisa membuat brosur lipat tiga,

Masih banyak jenis brosur yang bisa anda gunakan. Desainnya pun semakin bervariasi. Tidak perlu membuat brosur yang terlalu ramai dan banyak warna. Buatlah desain yang simple namun menginformasikan semua hal penting. Jangan masukan gambar terlalu banyak. Pastikan gambar dan informasinya seimbang.

Buatlah desain brosur yang bisa membuat pembaca tertarik. Kemudian berminat untuk membeli produk yang anda inginkan. Sekian, semoga bermanfaat.

Author: admin