5 Cara Merawat Sepeda Motor Injeksi

5 Cara Merawat Sepeda Motor Injeksi

Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak dimiliki masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia yang semakin hari semakin banyak jumlah pengendara motor di jalanan. Mungkin membeli sebuah sepeda motor bukanlah hal yang sulit, tapi bagaimana dengan cara merawatnya? Merawat motor memang bukan hal yang mudah terlebih lagi jika itu adalah motor injeksi, pastinya butuh perhatian lebih untuk tetap menjaga performanya.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat sepeda motor injeksi Anda, agar tetap terjaga performanya:

  1. Ganti Oil Secara Teratur

Bagi Anda yang rutin mengendarai motor Anda dengan jarak yang jauh, jangan sampai lupa untuk memperhatikan angka KM yang telah Anda tempuh. Karena jika motor Anda telah menempuh jarak 1.000 km maka itu saatnya motor Anda harus diganti oil, umumnya pergantian oil pada motor dilakukan dalam kurun waktu 2 bulan sekali.

Jangan sampai mesin motor Anda kering karena kekurangan pelumas, karena akan mengganggu kinerja mesin motor Anda. Selain itu, mesin motor yang sering kekeringan karena kekurangan pelumas akan gancet dan cepat rusak. Ganti juga oil Gear setiap menempuh jarak 5.000 km, untuk memaksimalkan kinerja gear motor Anda, dan yang terakhir ganti oil shockbeker motor Anda untuk kenyamanan saat berkendara.

  1. Rawat Busi Motor Anda

Busi dalam motor injeksi merupakan salah satu komponen yang paling penting, busi berperan sebagai pemantik api yang dibutuhkan dalam proses pembakaran pada mesin. Maka periksalah busi pada sepeda motor Anda secara berkala agar dapat memaksimalkan proses pembakaran pada mesin, jika terjadi kerusakan pada busi maka akan mengakibatkan mesin kurang bertenaga bahkan bisa membuat motor sama sekali tidak menyala.

Jadi jika busi pada sepeda motor Anda sudah tidak menghasilkan api yang maksimal untuk pembakaran pada mesin, disarankan untuk segera mengganti busi dengan yang baru untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

  1. Periksa ECU pada Sepeda Motor Anda

ECU merupakan singkatan dari Electronic Control Unit, yang berfungsi sebagai otak dari sistem kinerja pada motor injeksi Anda. Seluruh komponen yang bekerja pada injektor seperti baik takaran bahan bakar yang nantinya disemprotkan maupun klep pembuka tutup injektor semuanya diatur oleh ECU. Jadi akan sangat beresiko bagi motor injeksi Anda jika ECU ini bermasalah, akibatnya seluruh kinerja injektor terhambat bahkan bisa mengakibatkan sepeda motor Anda mogok.

Maka dari itu disarankan bagi Anda pengguna motor injeksi untuk mengecek ECU secara rutin, pastikan ECU Anda dicek oleh ahlinya seperti montir atau mekanis yang mengerti agar tidak terjadi kerusakan yang fatal pada sepeda motor Anda.

  1. Perhatikan Kondisi Accu

Salah satu cara merawat sepeda motor injeksi yang penting lainnya adalah memperhatikan kondisi accu, karena kinerja sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi accu sebagai penghidup pada mesin pembakarannya. Jika kondisi air accu pada sepeda motor injeksi Anda sudah mulai berkurang, maka tambahkanlah dengan air accu yang dijual di pasaran.

Jika kondisi accu pada sepeda motor injeksi Anda benar-benar sudah tidak menghasilkan listrik, maka disarankan untuk mengganti accu Anda dengan yang baru sebelum benar-benar rusak dan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada sepeda motor Anda. Ingat, accu ini merupakan komponen yang paling penting untuk menghidupkan sepeda motor injeksi Anda.

  1. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Cara merawat sepeda motor injeksi yang paling mudah yaitu dengan memilih bahan bakar dengan kadar oktan yang tinggi yaitu 90 ketas, karena dengan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi ini akan membuat kinerja pembakaran yang maksimal pada mesin sepeda motor injeksi Anda.

Selain itu, penggunaan bahan bakar dengan kualitas yang buruk dan oktan booster yang rendah serta spesifikasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan sepeda motor injeksi Anda akan terjadi sebuah sumbatan pada lubang Injektornya dan dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan yang semakin fatal.

Itulah beberapa cara untuk merawat sepeda motor injeksi Anda agar tetap dalam performa yang maksimal, jangan lupa untuk merawat sepeda motor Anda secara rutin untuk menjaganya agar tetap awet.

Author: admin